Pages

Subscribe:

Minggu, 07 Oktober 2012

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR PERIODE I (Sofskill)

NamaGigih Kuntoro Wicaksono

NPM : 13212146 Kelas : 1EA23
 
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya dasar di Indonesia terus berkembang sebagai pengganti istilah dasar kemanusiaan yang berasal dari bahasa inggris yaitu “The Humanities”,adapun bahasa latinya ‘Humanus’ yang berarti Manusia yang berbudaya dan halus.dengan mempelajari Humanities manusia bias belajar menjadi lebih halus dan manusiawi.dengan demikian bias dikatakan jika the humanities berkaitan dalam aspek-aspek kehidupan manusia sebagai homo humanus (Manusia yang berbudaya).agar manusia bias menjadi mahluk yang lebih berbudaya,mereka harus mempelajari ilmu yang disebut The Humanities.disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya sebagai manusia itu sendiri.
Ilmu budaya dasar sangatlah berbeda dengan pengetahuan budaya.dalam bahasa inggris ilmu budaya dasar disebut Basic Humanities,sedangkan ilmu pengetahuan budaya disebut The Humanities.pengetahuan budaya dalam mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya  (Homo humanus),sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya,melainkan konsep yang harus dikembangkan untuk menyelesaikan masalah maslaah manusia dan budaya.

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia dan budaya adalah hal yang tidak dapat dipisahkan karena manusia dan budaya mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainya,oleh sebab itu dalam bacaan ini akan diterangkan lebih detil mengenai hubungan antara manusia dan kebudayaan.
          Manusia
Manusia didunia ini adalah mahluk yang memegang pengaruh paling besar dibandingkan mahluk-mahluk lainya.dalam ilmu eksakta (bidang ilmu tentang hal-hal yg bersifat konkret yang dapat diketahui dan diselidiki berdasarkan percobaan serta dapat dibuktikan dengan pasti) manusia dipandang sebagai kumpulan partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan system yang dimiliki oleh manusia menurut ilmu kimia. menurut ilmu fisika manusia merupakan kumpulan dari berbagai system fisik  yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energy,sedangkan menurut ilmu biologi manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia.dalam ilmu social manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut homo economicus.dan lainya.
Sebagai mahluk yang berbudaya, Hakikat manusia terdiri dari
*  Mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
*   Mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna,jika dibandingkan mahluk lainya
* Mahluk biokultural,yaitu mahluk hayati yang budayawi
* Mahluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan (Ekologi),mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

  1. KEBUDAYAAN
Menurut seorang Antropolog terkemuka Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa cultural determinism  berarti segala sesuatu yang terdapat didalam masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu.
Kebudayaan dalam bahasa sansekerta dikaji berasal dari kata ‘Budhayah’ yang berarti budi atau akal.dalam bahasa latin kebudayaan berasal dari kata ‘Colere’ yang berarti mengolah tanah.jadi secara umum budaya dapat diartikan sebagai “Segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia yang bertujuan untuk mengolah tanah kelahiran atau tempat tinggalnya.
Menurut C.Kluckhohn didalam bukunya yang berjudul Universal categories of Culture mengemukakan bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal,yaitu :
*      Sistem religi (Sistem Kepercayaan)
*      Sistem organisasi kemasyarakatan
*      Sistem pengetahuan
*      Sistem mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
*      Sistem teknologi dan peralatan
*      Bahasa
*      Kesenian
Secara garis besar hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.



KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

Hampir di setiap jaman sastra mempunyai peranan yang lebih penting.Alasan pertama karena sastra mempergunakan bahasa,sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampirr semua pernyataan kegiatan manusia.
Kesusastraan merupakan kata serapan dari bahasa sansekerta “sastra”,yang berarti teks yang mengandung instruksi atau pedoman dan memiliki keindahan tertentu.
Hubungan ilmu budaya dasar dengan kesusastraan :
  1.  sastra merupakan bahasa yang mempunyai kemampuan yang menampung kegiatan manusia
  2. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi 

ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
Istilah prosa banyak padanannya. Kadang-kadang disebut naratif fiksi,prosa fiksi atau hanya fiction saja. Menurut bahasa Indonesia istilah tadi sering di terjemahkan menjadi cerita rekaan dan di definisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran,lakuan,peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Istilah cerita rekaan umumnya dipakai untuk roman,atau novel,atau cerita pendek.
Dalam kesusastraan Indonesia kita mengenal jenis prosa lama dan prosa baru.

               


        Ø  Prosa lama meliputi
· Dongeng: Cerita yang tidak benar-benar terjadi.
· Hikayat: Cerita yang sulit diterima akal,merupakan cerita rekaan, namun  memiliki  Pesan dan amanat bagi pembacanya.
· Sejarah: Kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal-usul.



Ø  Prosa baru Meliputi :

· Kisah: Satuan naratif yang seringkali dibedakan dari cerita.
· Cerpen: Suatu bentuk prosa naratif fiktif, cenderung padat dan langsung pada tujuan
· Novel: Karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya berbentuk
  Cerita
. Biografi: Kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.
· Otobiografi: Biografi yang ditulis oleh subyeknya.

ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Puisi termasuk seni sastra,sedangkan sastra merupakan bagian dari kesenian dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan dan jika diberi batasan,maka puisi adalah pengalaman ekspresi jiwa mengenai kehidupan yang ada disekitarnya termasuk pengalaman hidupnya.
Kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan :
1.Figura bahasa (Figurative languange) seperti gaya  personifikasi,metafora,perbandingan alegori,dsb sehingga puisi menjadi segar,hidup dan lebih menarik dan member kejelasan gambarang angan.
2.Kata – kata yang bermakna ganda (Ambiquitas yang berarti banyak tafsiran)
3.Kata – kata berjiwa,kata yang sudah diberi suasanaa tertntu,berisi perasaan dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau.
4.Kata – kata yang sudah diberi nilai-nilai,rasa,dan asosiasi-asosiasi tertentu. (Kata konotatif)
5.pengulangan yang berfungsi untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan,sehingga bias menjadi lebih menggugah hati dan menyenangkan pendengar.

0 komentar:

Posting Komentar